PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DENGAN PASIEN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SIMPANG TIGA PEKANBARU

AHMAD RIYANTO, PO71206130003 (2017) PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DENGAN PASIEN NON BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SIMPANG TIGA PEKANBARU. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Riau.

[img] Text
ilovepdf_merged (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.pkr.ac.id/

Abstract

Puskesmas merupakan bagian dari sistem kesehatan, maka diharuskan mampu untuk menciptakan keunggulan dalam memberikan pelayanan yang baik, misalnya keunggulan dalam berinovasi dan juga unggul dalam merespon kebutuhan pasien. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Hal itu didapatkan dengan cara layanan yang baik. Program jaminan kesehatan nasional yang dikelola oleh BPJS sesungguhnya baik. Program itu telah menempatkan masyarakat sebagai kelompok yang dilindungi pemerintah. Namun secara aplikatif, program itu tidak sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kepuasan pasien BPJS dengan Pasien Non BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas simpang Tiga Pekanbaru. Desain penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan sampel sebanyak 62 orang yaitu 31 pasien BPJS dan 31 pasien Non BPJS yang diambil dengan teknik accidential sampling. Analisis penelitian ini meliputi analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Mann-Mhitney. Hasil penelitian menunjukkan pasien pengguna BPJS 19 (61,3%) menyatakan puas sedangkan pasien Non BPJS 16 pasien (51,6%) menyatakan tidak puas. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien BPJS dengan pasien Non BPJS terhadap pelayanan kesehatan dengan p value = 0,00. Bagi pusksmas diharapkan dapat menjadi bahan masukan agar dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BPJS, Kepuasan, Puskesmas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: budi fedriwan poltekkes riau
Date Deposited: 14 Jul 2020 07:00
Last Modified: 14 Jul 2020 07:00
URI: http://repository.pkr.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item