LISBET ANITA SIMAMORA, P031815301016 (2019) Pengaruh Brain Gym Terhadap Memori Jangka Pendek Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Hosana Fun Kids Pekanbaru. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Riau.
Text
1. Cover.docx Download (25kB) |
|
Text
5. Abstrak B. Indonesia.docx Restricted to Registered users only Download (17kB) | Request a copy |
|
Text
11. BAB 1.docx Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text
12. BAB 2.docx Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text
13. BAB 3.docx Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text
14. BAB 4.docx Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text
15. BAB 5.docx Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
Text
16. BAB 6.docx Restricted to Registered users only Download (18kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh nutrisi, kondisi pralahir, gizi, dan juga stimulasi. Salah satu stimulasi non farmakologi yang dibutuhkan untuk meningkatkan memori jangka pendek yaitu brain gym yang bertujuan untuk mengintegrasikan setiap bagian otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap memori jangka pendek anak usia 5-6 tahun di PAUD Hosana fun kids Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Juni 2019 PAUD Hosana Fun Kids Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen dengan one group pre test and post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 20 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi yang berisi hasil test digit span. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil penelitian didapatkan rata-rata skor memori jangka pendek sebelum intervensi brain gym adalah 5,35. Setelah pemberian intervensi brain gym adalah 6,50. Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dari hasil skor memori jangka pendek sebelum dan sesudah dilakukan brain gym (p = 0,002). Disarankan kepada tenaga pendidik agar dapat mempertimbangkan brain gym sebagai stimulasi tambahan yang dapat diterapkan setiap hari sebelum proses belajar mengajar di sekolah untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak khususnya memori jangka pendek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain Gym, Memori Jangka Pendek, Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Depositing User: | Irul Dzikrullah |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 02:07 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 02:07 |
URI: | http://repository.pkr.ac.id/id/eprint/108 |
Actions (login required)
View Item |