MUHAMMAD ARROZI DWI PUTRA, PO71206130023 (2017) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD PETALA BUMI PROVINSI RIAU. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Riau.
Text
ilovepdf_merged (1).pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan kesehatan di rumah sakit tidak hanya mengutamakan penyembuhan dan pemulihan kesehatan saja, tetapi juga diperolehnya kepuasan pasien dalam menerima pelayanan kesehatan. Depkes RI tahun 2005 menyatakan bahwa, masih ditemukan adanya keluhan tentang ketidakpuasan pasien terhadap komunikasi perawat. Pada saat peneliti mengobservasi komunikasi terapeutik perawat di RSUD Petala Bumi, tampak masih ada perawat yang tidak memperkenalkan nama, perawat masih kurang menjaga kontak mata ketika melakukan komunikasi dengan pasien, dan masih ada perawat yang terburu – buru dalam menyampaikan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien BPJS kesehatan di ruang rawat inap kelas III RSUD Petala Bumi Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS Kesehatan yang dirawat inap di ruangan kelas III RSUD Petala Bumi Provinsi Riau berjumlah 46 pasien perbulan, jumlah sampel penelitian yakni 31 pasien dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Pengolahan dan analisa data menggunakan program komputer dengan uji Chi square. Hasil penelitian univariat menunjukkan bahwa pasien menyatakan perawat berkomunikasi teraupetik dengan baik (67,7%) dan pasien yang merasa puas terhadap pelayanan keperawatan (61,3)%. Hasil penelitian uji statistik Chi square menunjukan p = 0,021 dimana p value < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien BPJS kesehatan di ruang rawat inap kelas III RSUD Petala Bumi Provinsi Riau. Peneliti berharap rumah sakit senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan yang terbaik bagi pasien khususnya untuk meningkatkan kemampuan perawat dalam berkomunikasi yang lebih edukatif dan informatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Komunikasi Terapeutik, Pasien, Perawat |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | budi fedriwan poltekkes riau |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 07:42 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 07:42 |
URI: | http://repository.pkr.ac.id/id/eprint/321 |
Actions (login required)
View Item |