SHEILA KARTIKA DEWI, P032214401119 (2025) PENERAPAN TERAPI BERMAIN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTISME DI SLB SRI MUJINAB KOTA PEKANBARU. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES RIAU.
![]() |
Text
COVER_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB 1_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN_SHEILA KARTIKA DEWI_P032214401119_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Autism Spectrum Disorder adalah gangguan perkembangan perpasif pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, dan interaksi sosial. Gangguan perkembangan pada anak autis dapat dilihat gejalanya sebelum anak berusia 3 tahun. Salah satu permasalahan terbesar pada anak autisme adalah gangguan interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan suatu proses dimana seseorang memperoleh keterampilan sosial untuk dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan sosial, yang erat kaitannya dengan perkembangan sosial anak. Tujuan studi kasus ini mendeskripsikan penerapan terapi bermain flash card untuk meningkatkan interaksi sosial pada anak autisme di SLB Sri Mujinab Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptf dengan metode studi kasus dengan dua subjek, yang dilakukan pada tanggal 17–21 maret 2025. Peneliti ini melakukan kegiatan terapi bermain Flash Card ini selama 5 hari berturut-turut dengan durasi waktu 60-120 menit setiap harinya. Hasil penelitian studi kasus ini didapatkan adanya peningkatan interaksi sosial pada kedua subjek dalam terapi bermain flash card. Kesimpulan hasil studi kasus menunjukkan Terapi Bermain Flash Card dapat Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Anak Autisme. Saran diharapkan terapi bermain flash card ini diterapkan sebagai stimulus dan peningkatan interaksi sosial agar anak mampu bersosialisasi dengan orang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak, Autisme, Flash Card, Interaksi Sosial, Terapi Bermain |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Depositing User: | jurusan keperawatan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 00:54 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 00:54 |
URI: | http://repository.pkr.ac.id/id/eprint/5226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |