Perbedaan Pengetahuan Gizi Seimbang pada Remaja dengan Permainan Monopoli Gizi sebagai Media Pendidikan Gizi

LAILA PUTRI FATMA SARI, P032013411062 (2023) Perbedaan Pengetahuan Gizi Seimbang pada Remaja dengan Permainan Monopoli Gizi sebagai Media Pendidikan Gizi. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Riau.

[img] Text
Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Abstrak Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Yang Sudah Disahkan.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Bab II Tinjauan Teori.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Bab III Kerangka Konsep, Definisi Operasional, dan Hipotesis.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Bab IV Metode Penelitian.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Bab V Hasil & Pembahasan.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Bab VI Penutup.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.pkr.ac.id/

Abstract

Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar 2018 masalah gizi Anak Usia Sekolah di Indonesia masih cukup tinggi. Salah satu cara yang paling efektif adalah menyosialisasikan pengetahuan gizi melalui lembaga pendidikan. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran sistem permainan. Media bermain monopoli memberikan hiburan yang bernilai edukatif, karena dengan media itulah anak belajar. Salah satu permainan yang dikenal dan disukai anak�anak adalah monopoli yang dimodifikasi dengan menambahkan gambar atau tulisan. Permainan monopoli sebagai media pembelajaran siswa dinilai sangat efektif untuk menumbuhkan minat siswa dalam belajar, karena mudah dimainkan oleh AUS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang gizi seimbang pada remaja sebelum dan sesudah dilakukan permainan monopoli gizi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dengan populasi 65 responden. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan permainan monopoli gizi dan mengalami peningkatan skor. Pada hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan 0,000 (p<0,05), dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan remaja sebelum dan sesudah dilakukan permainan monopoli gizi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Gizi, Monopoli Gizi, Gizi Seimbang
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: gizi 2024 PKR
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:33
Last Modified: 07 Aug 2023 07:33
URI: http://repository.pkr.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item