GAMBARAN PENGETAHUAN SISWA SDN 027 PEKANBARU SETELAH DIBERIKAN EDUKASI GIZI SEIMBANG MELALUI MEDIA VIDEO

SERLY SYAFITRI, P032213411074 (2025) GAMBARAN PENGETAHUAN SISWA SDN 027 PEKANBARU SETELAH DIBERIKAN EDUKASI GIZI SEIMBANG MELALUI MEDIA VIDEO. Diploma thesis, Poltekes Kemenkes Riau.

[img] Text
Cover_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf

Download (626kB)
[img] Text
Abstrak_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Lampiran_Serly Syafitri_P032213411074_D3 Gizi_2025.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repostory.pkr.ac.id/

Abstract

Anak usia sekolah sering mengalami masalah gizi karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya makan sehat dan bergizi. Banyak dari mereka memilih jajanan sembarangan dan tidak memahami manfaat makanan seimbang bagi kesehatan dan tumbuh kembang. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan anak adalah melalui edukasi yang menarik, seperti menggunakan media video.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan siswa SDN 027 Pekanbaru setelah diberikan edukasi gizi seimbang melalui media video.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain one group pretest and posttest. Sampel berjumlah 27 siswa kelas V yang dipilih secara total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah edukasi, lalu dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berusia 11 tahun dan sebagian besar berjenis kelamin laki-laki. Sebelum diberikan edukasi, seluruh siswa (100%) berada pada kategori pengetahuan kurang. Setelah diberikan edukasi menggunakan media video, terjadi peningkatan pengetahuan yang cukup besar. Sebanyak 92,6% siswa berada pada kategori baik dan 7,4% pada kategori sedang.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa edukasi gizi seimbang melalui media video sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Saran dari penelitian ini yaitu agar sekolah menggunakan media video sebagai metode pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami dalam memberikan edukasi gizi, sehingga siswa paham tentang pentingnya makan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: gizi seimbang, pengetahuan, media video,edukasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Gizi 2025 PKR
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:56
Last Modified: 04 Aug 2025 03:04
URI: http://repository.pkr.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item