RESKIA WIDIAWATI, P032214401114 (2025) PENERAPAN TERAPI BERMAIN PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK AUTIS USIA SEKOLAH DI SLB SRIMUJINAB PEKANBARU. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES RIAU.
![]() |
Text
COVER_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB I_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_RESKIA WIDIAWATI_P032214401114_DIII KEPERAWATAN_2025.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Autisme adalah gangguan neurologis yang terjadi selama masa perkembangan, yang biasanya perkembangan pada anak normal misalnya anak mampu berinteraksi sosial dengan baik, tetapi untuk anak yang terdiagnosa autisme anak memiliki masalah pada perkembangannya misalnya gangguan berinteraksi dan seorang anak sering mengalami kesulitan dalam pengembangan motorik halus yang berdampak pada aktivitas sehari-hari. Sedangkan Anak Autisme merupakan gangguan perkembangan yang menyerang anak-anak ditandai dengan gangguan komunikasi dan interaksi sosial. Terapi bermain merupakan metode intervensi yang efektif dan menyenangkan bagi anak berkebutuhan khusus, termasuk penggunaan media playdough. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan terapi bermain playdough untuk meningkatkan motorik halus pada anak autis usia sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus terhadap dua anak autis di SLB SriMujinab Pekanbaru. Intervensi dilakukan pada tanggal 13 – 20 Maret 2025 dengan durasi 50–60 menit per sesi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada kedua subjek. Subjek I menunjukkan peningkatan dari kemampuan awal pada tiga kegiatan menjadi lima kegiatan yang dilakukan dengan tepat. Subjek II menunjukkan perkembangan dari dua kegiatan menjadi lima kegiatan dengan tepat. terbukti efektif Terapi bermain playdough dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak autisme, Diharapkan terkhususnya pada orangtua terapi bermain playdough salah satu kegiatan terapi nonfarmakologi pada anak dengan autisme, serta dapat digunakan sebagai alternatif terapi yang aman, menyenangkan, dan mudah diterapkan. Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Autisme, Motorik Halus, Playdough, Terapi Bermain
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Sekolah, Autisme, Motorik Halus, Playdough, Terapi Bermain |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Keperawatan 2025 |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 08:13 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 08:13 |
URI: | http://repository.pkr.ac.id/id/eprint/5786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |